INDONEWS.ID

  • Kamis, 03/06/2021 17:14 WIB
  • Pemkab Tanah Datar Sambut Baik Re-Aktivasi Jalur Kereta Api Padang ke Sawahlunto

  • Oleh :
    • luska
Pemkab Tanah Datar Sambut Baik Re-Aktivasi Jalur Kereta Api Padang ke Sawahlunto

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar sambut baik dilakukannya Re aktivisi Jalur Kereta Api dari Padang ke Sawalunto oleh PT KAI Padang.

Hal itu disampaikan wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian  kepada Kepala Devisi Regional II Sumatera Barat Kuncoro dan juga dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Harfian Fikri, Kepala Dinas PUPR Nofi Hendri, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Abdul Hakim, Kabag Perekonomian Masni Yuletri dan Kabid Aset pada BKD Tanah Datar Budi Candra, sedangkan dari PT KAI juga PT. KAI dihadiri  Manajer Aset PT. KAI Regional II Sumatera Barat Indra Diva, Asisten Manajer Pam Obvit Indra, Kepala Humas Ujang Rusen Permana dan Senior Supervisor Umum Andi.

Baca juga : Bupati Tanah Datar Eka Putra Sambut Baik Kegiatan Penguatan Parlemen Melalui Seni dan Budaya

Diakuinya Rencana re-aktivasi ini merupakan kewenangan penuh dari PT. KAI, tetapi yang pasti dari Pemda Tanah Datar kalau memang ada rencana dari pihak PT. KAI khususnya yang melewati wilayah Kabupaten Tanah Datar sangat membuka pintu yang selebar-lebarnya dan menyambut baik rencana ini. Karena jalur distribusi barang maupun orang itu lebih murah dan efisien dengan menggunakan kereta api.

"Harapan kami terhadap aset-aset PT. KAI yang ada di wilayah kabupaten Tanah Datar pun kalau bisa dikerjasamakan terkait pemanfaatannya kami pun sangat berterimakasih, namun kalau tidak kita akan upayakan bagaimana seluruh aset PT. KAI yang ada di Tanah Datar bisa termanfaatkan dan terjaga dengan baik," ujar Wabup. 

Baca juga : Sebanyak 30 Pengurus LKAAM dan Pemangku Adat Kabupaten Tanah Datar Studi Banding ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau

Kita berharap ke depan kalau rencana ini terlaksana, jalur kereta api ini tidak hanya bermanfaat untuk transportasi barang dan orang saja, namun juga bisa mendukung kepariwisataan di kabupaten Tanah Datar sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menambah income bagi Pemda Tanah Datar. 

"Mudah-mudahan dengan aktifnya jalur kereta api ini nantinya bisa membantu masyarakat kita untuk berusaha, karena konsepnya majunya suatu daerah salah satunya itu dilihat dari majunya industri perkeretaapiannya,"

Baca juga : Akhiri Penantian Selama 7 Tahun, Bupati Tanah Datar Resmikan Jembatan Tapian Kelambu

Kepala Divisi Regional II PT. KAI Sumatera Barat Kuncoro, menjelaskan bahwa rencana re-aktivasi jalur kereta api itu memang ada dan yang paling realistis pada tahun ini baru jalur dari Kota Sawahlunto ke Muaro Kalaban, hal ini dikarenakan keterbatasan anggaran, namun tidak tertutup kemungkinan bisa mencapai di Nagari Batu Taba Batipuh Selatan, karena medan nya tidak begitu berat.

Sementara Manajer Aset PT. KAI Regional II Sumatera Barat Indra Diva menyampaikan terkait dengan aset PT. KAI yang ada pada tahun 2016 yang lalu sudah dilakukan pendataan dan pada waktu itu juga sudah berkoordinasi langsung dengan pihak Pemda Tanah Datar. 

Namun pihaknya juga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan pendataan kembali, dan kalaupun ada beberapa aset yang saat ini masih dimanfaatkan oleh Pemda Tanah Datar yang memungkinkan adalah dikerjasamakan, sebab tidak mungkin dilakukan proses hibah.(M.Datuk)

Artikel Terkait
Bupati Tanah Datar Eka Putra Sambut Baik Kegiatan Penguatan Parlemen Melalui Seni dan Budaya
Sebanyak 30 Pengurus LKAAM dan Pemangku Adat Kabupaten Tanah Datar Studi Banding ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau
Akhiri Penantian Selama 7 Tahun, Bupati Tanah Datar Resmikan Jembatan Tapian Kelambu
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas