INDONEWS.ID

  • Kamis, 23/12/2021 18:30 WIB
  • Ratusan Siswa Kodiklat TNI AL Ikuti Pendidikan Komando Marinir

  • Oleh :
    • luska
Ratusan Siswa Kodiklat TNI AL Ikuti Pendidikan Komando Marinir

Surabaya, INDONEWS.ID - Ratusan siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL kejuruan marinir mengikuti   Pendidikan Komando (Dikko) yang diselenggarakan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal). Pendidikan Dikko dibuka secara resmi oleh Dankodikmar Brigjen TNI Marinir Illi Dasili di  Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran Situbondo Jawa Timur, (23/12/2021).

Latihan praktek (Lattek)  Dikko ini bertujuan mendidik dan membekali para prajurit siswa Korps Marinir agar memiliki keterampilan untuk melaksanakan tugas sebagai prajurit komando. Titik berat Dikko  ini pada keterampilan perorangan dan satuan kecil, secara teliti dan benar. Diharapkan selesai latihan ini  para siswa dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan di satuan operasi apabila sudah lulus dari pendidikan.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Sementara itu, sasaran Dikko ini supaya para peserta diharapkan mampu memiliki ketrampilan dan dapat mengimplementasikannya dalam   mengatasi berbagai rintangan alam maupun buatan.  Keterampilan tersbut antara lain, mampu bergerak di rawa, laut, hutan, maupun daerah pegunungan secara perorangan maupun satuan kecil, melaksanakan Operasi Gerilya dan Lawan Gerilya (GLG), serta ketahanan mental dan fisik dalam bergerak di berbagai medan dan cuaca dengan baik dan benar.

Sedangkan tahapan pelaksaaan Dikko ini  meliputi, tahap dasar komando selama 20 hari di Karangtekok Situbondo, tahap laut selama 14 hari di Pantai Jangkar Asembagus Situbondo, tahap hutan dan gunung selama 22 hari di Hutan Selogiri Banyuwangi, tahap Gerilya Lawan Gerilya (GLG) selama 8 hari di Banyuwangi dan terakhir tahap lintas medab (Limed) selama 13 hari dari Banyuwangi sampai dengan Surabaya sejauh 300 km.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Seusai upacara pembukaan Dikko angkatan ke-166 ini yang diikuti 176 siswa  dilanjutkan orientasi 2 x 24 jam nonstop kemudian ditutup dengan Janji Komando oleh para Siswa Dikkodi Bhumi Marinir Baluran. Janji Komando ini merupakan langkah awal dalam 3 bulan pendidikan Komando yang akan mereka tempuh untuk berhak menyandang predikat Komando Baret Ungu kebanggaan Korps Marinir TNI AL.
Hadir dalam acara tersebut, Komandan Pusat Pendidikan Infanteri (Danpusdikif) Kolonel Marinir Rino Rianto, Danpuslatpur 5 Baluran, Danlanal Banyuwangi, serta para Kepala Departemen jajaran Kodikmar. (Lka)

 

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Pemerintahan Baru Harus Lebih Tegas Menangani Kelompok Anti Pancasila
Apresiasi Farhan Rizky Romadon, Stafsus Kemenag: Kita Harus Menolak Tindak Kekerasan
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas