INDONEWS.ID

  • Sabtu, 08/01/2022 07:15 WIB
  • Dankodiklat TNI AL: Profesionalisme Pengawak Alutsista Menentukan Keberhasilan Tugas

  • Oleh :
    • luska
Dankodiklat TNI AL: Profesionalisme Pengawak Alutsista Menentukan Keberhasilan Tugas

Sidoarjo, INDONEWS.ID,-- Keberhasilan tugas TNI Angkatan Laut tidak hanya ditentukan kehebatan teknologi alutsistanya, namun sangat bergantung juga pada keunggulan dan profesionalisme  prajurit  selaku pengawak alutsista TNI AL, Demikian disampaikan Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat pada upacara pelantikan dan penyumpahan siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI AL Angkatan XLI/1 di lapangan Kawah Candramuka Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Jumat, (7/1/2022

Lebih lanjut Dankodiklatal menyampaikan bahwa Peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi bagian kebijakan utama pemimpin TNI AL.  Setiap program pendidikan yang diselenggarakan, Kodiklatal terus  berupaya  menghasilkan output prajurit matra laut yang profesional, yang  memenuhi  standar  kompetensi,  memiliki  karakter  tangguh  dengan  mental kejuangan tinggi, serta mampu menjawab  setiap tantangan  tugas  ke  depan  yang semakin kompleks dan dinamis serta siap  ditempatkan,  baik  di   satuan  operasi  KRI  dan  batalyon  maupun  di  staf.

Baca juga : TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan

Siswa Dikmata TNI AL yang disumpah  dan dilantik ini sebanyak  823 orang terdiri 300 orang Korps Pelaut, 250 orang korps Marinir dan 273 orang terdiri Korps Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Jas, Musik dan Pomal. Setelah upacara pelantikan dan penyumpahan selanjutnya para siswa ini akan menempuh Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan (Diksargolan) sesuai korps yang dimiliki di tiga Komando Pendidikan (Kodik) di bawah Kodiklatal.

Ketiga Kodik tersebut adalah Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung untuk korps Pelaut, Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari untuk korps Marinir dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Morokrembangan untuk korps Teknik, Elektronika, Suplai, Korps Kesehatan, Jas, Musik dan korps Pomal.

Baca juga : Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak

Hadir dalam penutupan tersebut Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Danpusnerbal Laksda TNI Edwin,  Inspektur Kodiklatal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur dan para Komandan Kodik dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Kadispsial dan Komandan Pasmar 2 Surabaya. (Lka)
 

Baca juga : TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkait
TNI AL Terus Kuatkan Peran Masyarakat Kawasan Perbatasan
Semarakkan Sail Cendrawasih, Angkatan Laut Bhakti Sosial di Biak
TNI AL Kirim Delegasi Ikuti Kongres FDI Section of Defense Forces Dental Service di Sydney Australia
Artikel Terkini
KPKNL mulai Cium Aroma Busuk di Bank Indonesia
Akses Jalan Darat Terbuka, Pemerintah Kerahkan Distribusi Logistik ke Desa Kadundung
Elit Demokrat Ardy Mbalembout Mengutuk Keras Aksi Penyerangan Mahasiswa Saat Berdoa di Tangsel
Penutupan Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Bagian dari Strategi Bisnis untuk Fokus pada Lini Penjualan
Presiden Jokowi Masih Kaji Calon Pansel KPK yang Sesuai Harapan Masyarakat
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas