Personal Sosial Responsibility Iluni FISIP UI

Oleh : indonews - Rabu, 17/01/2018 23:13 WIB

Ilustrasi ILUNI FISIP UI (istimewa)
Oleh Leila Mona Ganiem 
 
 
Jakarta, INDONWES.ID- Tanggung jawab sosial individu atau Personal Sosial Responsibility (PSR) dari anak bangsa lulusan Universitas Indonesia dapat disalurkan pada almamater melalui Iluni Fisip UI. 
 
Iluni bukan sekedar  rekatan emosional historis romantis dari lulusan yang dulu bersama-sama menimba ilmu di Salemba atau di Depok.  Dengan semangat kekeluargaan, Iluni  merupakan wadah untuk merajut koneksi para lulusan Fisip UI  bersama-sama berkontribusi bagi kemajuan UI, terwujudnya visi misi Fakultas dan Universitas, mengembangkan keilmuan dan karya bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.    
 
Perjumpaan ideologis  dan eksistensi  para alumni  yang telah berkiprah melalui profesi masing-masing  dapat dimanfaatkan  sebagai  duta  dari UI bagi perubahan masyarakat yang lebih baik. 
 
Kinerja produktif yang dapat disinergikan oleh Iluni sebagai bentuk tanggung jawab sosial (PSR)  adalah 
 
• Iluni dapat berperan sebagai jembatan, akses, relasi, sumber inspirasi dan informasi berharga antara akademisi Fisip UI dengan industri, profesi atau lembaga, termasuk bagi lulusan baru. 
 
• Alumni dapat menyampaikan pandangan, saran serta kritik demi kemajuan Fisip Universitas Indonesia, mengingat para anggota Iluni adalah produk dari kinerja akademis UI yang paham mengenai kondisi internal UI dan kini berada di tengah masyarakat sehingga mereka  mungkin dapat  melihat potensi-potensi inovasi atau perbaikan dari system pendidikan yang diberlakukan di UI.  Dengan demikian, kampus tidak ditempatkan sebagai menara gading bagi  produksi-distribusi ilmu pengetahuan namun terus berinovasi sejalan dengan kebutuhan masyarakat.
 
• Iluni dapat mengkontribusikan beragam program nyata bagi kemajuan civitas akademika Fisip UI seperti kegiatan untuk pemberdayaan eksternal maupun internal dengan membawa nama Universitas Indonesia. Hal ini dapat pula menjadi pengungkit bagi reputasi kampus. 
 
Kepedulian sosial dari para lulusan terhadap eksistensi Iluni Fisip dapat lebih dioptimalkan  ketika ruang perjumpaan  dari para lulusan UI  dapat dipersatukan dalam sebuah  forum yang bernas.   
 
Untuk itu Iluni UI perlu dirangkul oleh kepemimpinan  punggawa yang kredibel, berdedikasi, kompeten, memiliki kepedulian, mampu mengemban amanah, memiliki jiwa kepemimpinan, serta mampu merajut hubungan dengan seluruh lapisan stakeholder.
 
Selamat melakukan Pemilihan Ketua Iluni Fisip UI. Mari bersama melakukan PSR untuk kemajuan Indonesia tercinta. 
 
 
*) Leila Mona Ganiem  (Alumni S2 dan S3 Komunikasi Massa Fisip UI) 
 
 
 

Artikel Terkait