Daerah

Pasukan Siliwangi Bergerak Bantu Korban Gempa

Oleh : hendro - Selasa, 23/01/2018 21:03 WIB

Pasukan dari Kodam III/Siliwangi bantu korban gempa banten(istimewa)

Bandung, INDONEWS.ID-  Gempa berkekuatan  6,1 SR yang berada di kawasan Banten itu, membuat sejumlah tempat berdampak  seperti di Banten, Jawa Barat dan Jabotabek.

"Semenjakada kejadian gempa tadi sore, Pangdam Siliwangi sudah keluarkan perintah langsung anggota turun ke lapangan," ujar Kapendam Siliwangi Kolonel Arh M Desi Ariyanto di Bandung, Selasa (23/1/2018).

Berdasarkan data BMKG, gempa berkekuatan 6,4 SR berpusat di Lebak Banten. Namun getaran gempa juga terasa hingga ke wilayah Jakarta dan Bandung.

Data dari Dandim dan Danrem di wilayah Kodam Siliwangi gempa berdampak ke sejumlah daerah seperti Sukabumi, Cianjur, Garut dan di pusat gempa di Banten. 

Di Kota Sukabumi 25 unit rumah rusak. Sementara Kabupaten Sukabumi 12 unit bangunan rumah rusak. 

Di wilayah Cianjur, satu unit rumah semi permanen rusak. Sedangkan korban jiwa mencapai 8 orang pelajar.

"Di Bogor info terakhir ada 135 rumah rusak berat," tuturnya.

Untuk wilayah titik pusat gempa di wilayah Banten, beberapa daerah terkena dampak. Di wilayah Serang satu rusak berat, di Pandeglang sebuah rumah dan satu bangunan sekolah rusak. 

Lokasi terparah berada di wilayah lebak. Dari laporan sebanyak 474 bangunan terdiri dari rumah, kantor Koramil hingga masjid mengalami rusak. Kerusakan mulai dari kerusakan ringan hingga berat.

"Untuk korban meninggal satu orang, luka berat satu dan luka ringan satu," bebernya.

Pangdam menginstruksikan pasukannya turun ke lapangan. Selain mendata korban, pasukan TNI juga diminta untuk membantu korban terdampak.

"Intinya pasukan Siliwangi diminta untuk bergerak membantu," ujar Kapendam.

Selain pasukan Kodam Siliwangi, pasukan Kopassus jug dikerahkan. Pasukan akan bahu membahu membantu hingga mengevakuasi korban.

"Kalau perlu nanti dikerahkan dapur lapangan, mobil tangki dan apapun yg bisa dikerahkan untuk bantu masyarakat yang rumahnya rusak," ungkapnya.(hdr)

Artikel Terkait