Nasional

Berkat Pendekatan Humanis Kodam Siliwangi, Masyarakat Ikut Bantu dan Jaga Citarum

Oleh : hendro - Kamis, 15/03/2018 14:29 WIB

Pemred INDONEWS Asri Hadi Bersama Komandan Sektor 8 Citarum Harum Kolonel Aby Ismawan

 

Bandung, INDONEWS.ID – Dalam rangka menjaga keindahan dan kelestarian  Sungai Citarum, personel Maung Siliwangi dibantu masyarakat yang berada di daerah aliran sungai (DAS) Citarum bahu-membahu melakukan membersihkan sungai citarum dari sampah yang dapat mencemari kebersihan dan keindahan sungai Citarum.

Menurut Komandan Sektor 8 Citarum Harum, Kolonel Aby Ismawan, sedikitnya seratus personil Kodam III/Siliwangi diterjunkan untuk  menjaga sungai Citarum sepanjang 9 KM yang meliputi wilayah Kecamatan Soreang, Kecamatan Kota Waringin,Kecamatan Margahayu dan Kecamatan Ketapang.

“Kami sangat mengapresiasi sikap masyarakat disekitar aliran sungai Citarum yang membantu tugas personel Maung Siliwangi dengan cara bergotong royong membantu membersihkan kali. Terutama pada hari Sabtu dan Minggu,” ujar Abi kepada INDONEWS, Kamis (15/3/2018).

Lebih lanjut Abi menjelaskan, selama ini masalah yang timbul adalah adanya pihak industri yang pabriknya masih banyak membuang limbahnya ke Sungai Citarum. Dengan diterjunkannya pasukan Maung Siliwangi ini yang dibantu masyarakat, diharpakan tidak ada lagi kegiatan tidak terpuji yang melakukan pembuangan limbah ke sungai Citarum.

 

Abi berharap, kedepan perlu adanya kerjasama antara pemda setempat , Kementrian terkait dan pihak kepolisian agar dapat menertibkan pabrik yang masih membuang limbahnya ke Sungai Citarum

 

Lebih lanjut Aby berpendapat, sebaiknya  dana CSR dari para industri yang punya pabrik di sektor 8 ini dapat dimanfaatkan untuk kebersihan sungai Citarum.  Selain itu, melalui pertemuan dengan tokoh tokoh masyarakat dan pertemuan di mesjid sekitar Sungai Citarum, akhirnya dapat mengetuk hati masyarakat untuk ikut membersihkan Sungai Citarum.

 

Sementara itu, berdasarkan pengamatan Pimpred INDONEWS Asri Hadi semenjak ditangani langsung dari Kodam III/Siliwangi dalam mengatasi persoalan sungai Citarum melalui program Citarum Harum, kondisi Sungai Citarum yang dulunya sangat memprihatinkan  sekarang sudah bersih dan lingkungan yang tertata dengan baik

 

Perlu diketahui, persoalan sungai Citarum memang sangat kompleks karena terlalu banyak pihak yang mengambil keuntungan dari sungai Citarum ini. Beruntung, dengan pendekatan humanis yang dilakukan personel Maung Kodam III/Siliwangi

 yang ramah,sopan dan selalu memberi contoh positif sehingga masyarakat sekitar Sungai Citarum akhirnya membuat hati masyarakat tersentuh dan secara sukarela dengan senang hati membantu bekerja bersama membersihkan kali citarum. Seemoga keinginan Presiden Joko Widodo bahwa 7 tahun ke depan sungai Citarum akan menjadi sungai yang bersih dan bermanfaat bagi masyarakat jawa barat dapat terwujud. (hdr)

 

Artikel Terkait