Nasional

MPR Resmi Lantik 3 Wakil Ketua Tambahan

Oleh : luska - Senin, 26/03/2018 16:29 WIB

MPR lantik 3 wakil Ketua MPR tambahan. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Tiga Wakil ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yakni Ahmad Basarah, Ahmad Muzani dan Muhaimin Iskandar  resmi dilantik oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan sebagai Pimpinan baru hasil revisi UU MD3 sisa waktu periode 2014-2019 di Gedung MPR Kompleks Parlemen, Senin (26/3/2018).

Sebelum resmi menduduki jabatan tersebut ketiga wakil Ketua MPR tambahan ini terlebih dulu diambil sumpah janjinya oleh Mahkamah Agung Hatta Ali dihadapan para anggota dewan, sejumlah menteri dan tamu undangan lainnya.

Pengambilan sumpah jabatan berlangsung dalam Sidang paripurna MPR yang dipimpin oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan yang dampingi oleh EE Mangindaan, Oesman Sapta, Mahyudin, dan Hidayat Nur Wahid.

"Sebelum memangku jabatan Wakil Ketua DPR, Saudara wajib sumpah agama Islam. Apakah Saudara bersedia?" kata Hatta Ali.

"Bersedia," jawab serentak Basarah, Cak Imin, dan Muzani.

Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta peraturan perundang-undangan. Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI.

Dalam pengambilan sumpah tersebut hadir para undangan DPR, Ketua Parpol, Ketua Fraksi DPR, perwakilan partai PDIP, PKB, dan Gerindra tampak hadir. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, dan Waketum Gerindra Ferry Juliantono terlihat di ruang sidang paripurna.

Dari pihak pemerintah juga tampak Menkum HAM Yasonna Laoly, Menpora Imam Nahrawi, Menteri Desa Eko Putro Sandjoji, Menaker Hanif Dhakiri. (Lka)

Artikel Terkait