Menumbuhkan Kembali Cinta NKRI Lewat Peta

Oleh : luska - Jum'at, 20/04/2018 15:01 WIB

Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., dan rombongan di Ruang kerja Menteri KKP Susi Pujiastuti

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Kelautan dan Perikanan  Susi Pudjiatuti, mengatakan akan membantu menyuarakan kepada Kementerian dan Lembaga Negara agar melibatkan Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan laut, khususnya penggunaan Peta Laut Indonesia (PLI), karena setiap aktivitas di laut tidak akan terlepas dengan hidrografi.
Hal itu dikatakannya saat menerima kunjungan Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., dan rombongan di Ruang kerja Menteri KKP, Kamis (19/4/201)kemarin.

Kedatangan rombongan Pushidrosal ini disambut langsung oleh Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Kunjungan ini dimaksudkan, selain untuk meningkatkan kerjasama kedua institusi, juga  sebagai wahana diskusi dan sharing tentang penggunaan data-data kelautan yang ada di Pushidrosal, Peta-peta khusus (tematik) wilayah laut Indonesia dari sisi hidro-oseanografi.

Pada pertemuan ini, Kapushidrosal memaparkan tentang tugas pokok yang diemban Pushidrosal sebagai penyedia data dan informasi hidrografi dan oseanografi untuk keselamatan pelayaran, serta kiprah dan peran yang telah dilakukan Pushidrosal, baik di tingkat nasional, regional, serta internasional dalam rangka mendukung terwujudnya Indonesia sebagai poros maritim dunia. 

Ditambahkannya, saat ini Pushidrosal telah aktif mengembangkan implementasi berbagai teknologi survei dan pemetaan terkini guna lebih meningkatkan akurasi dan ketepatan dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi yang memuat tentang informasi data batimetri dasar laut, geologi, kewilayahan dan batas laut, area konservasi, habitat laut dan oseanografi.  Hal ini merupakan upaya guna menjadikan Pushidrosal sebagai Lembaga Hidrografi Nasional dan Pusat Informasi Geospasial Kelautan terbaik di dunia.

Menteri Susi, yang merupakan penggemar peta ini  menyampaikan bahwa merupakan hal yang  baik bila setiap sekolah wajib memasang peta NKRI di setiap ruang kelas disamping peta wilayah sekolah tersebut berada. Dengan kondisi ini, maka rasa cinta terhadap NKRI akan kembali tumbuh karena generasi muda/pelajar dapat melihat langsung betapa luar biasanya Indonesia terutama dari sisi kelautan.  

Keinginan Menteri yang selalu melihat dan menyiapkan peta wilayah/daerah yang akan dikunjungi tersebut disambut positif oleh Pushidrosal.

 Kapushidrosal akan membantu menyiapkan peta-peta khusus kelautan dan peta NKRI, agar rasa cinta, rasa memiliki dan rasa bangga terhadap NKRI akan kembali tumbuh pada generasi muda/pelajar. (Lka)

Artikel Terkait