Nasional

Ada 2 Even Besar, Ketua DPR Mendorong TNI-Polri Mengamankan Gangguan Sejak Dini

Oleh : indonews - Senin, 07/05/2018 13:41 WIB

Bambang Soesatyo. (Foto: Ist)

Jakarta-INDONEWS.ID, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Polri dan TNI untuk bekerjasama dalam mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban sejak dini. 

Hal ini disebutkannya karena dalam waktu dekat ada pelaksanaan Asian Games dan pertemuan tahunan bank dunia dana moneter  internasional (IMF). Rencananya kedua acara akbar itu akan digelar di Indonesia pada bulan Agustus dan Oktober mendatang.

"Saya mengajak semua masyarakat untuk bersama TNI dan Polri menjaga ketertiban dan keamanan paska Idul Fitri dan Pilkada serentak," kata Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo kepada wartawan di DPR, Jakarta, Senin (7/5/2018).

"Pentingnya partisipasi semua elemen ini lantaran kedua even itu akan menghadirkan puluhan ribu tamu atau delegasi dari ratusan negara. Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang akan berlangsung sejak pertengahan Agustus yang diikuti 45 negara dengan jumlah atlet lebih dari 15.000 orang," tambahnya.

Politisi dari golkar ini juga mengatakan pertemuan tahunan Bank Dunia-IMF di Bali Oktober mendatang akan dihadiri delegasi dari 189 negara.

"Forum ini memang dikhususkan bagi para petinggi IMF, Bank Dunia, para menteri keuangan dan para gubernur bank sentral . Namun, total peserta pun diperkirakan lebih dari 15.000 orang," katanya.

Kedua even itu menjadi momentum bagi semua elemen masyarakat untuk menunjukan citra Indonesia yang bersahabat dan humanis. 

"Karena itu, semua elemen masyarakat di berbagai daerah hendaknya terdorong menciptakan suasana kondusif di dalam negeri, "kata Bamsoet.

Bamsoet mengingatkan, ragam kegiatan atau aksi komunitas yang berpotensi menimbulkan gesekan atau bentrokan hendaknya dihindari. Terutama adalah aksi-aksi bernuansa politik yang dikaitkan dengan pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pimpinan DPR dipastikannya akan mendorong Polri dan TNI agar sejak dini mengantisipasi dan mewaspadai berbagai potensi yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban umum, tegas Bamsoet.

"Indonesia harus kondusif sepanjang periode waktu menuju bulan suci Ramadan hingga Idul Fitri 2018, Pilkada serentak 2018, Asian Games 2018 hingga even pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018, " tandasnya. (Ronald Tanamas)

Artikel Terkait