Nasional

Pemerintah Himbau Masyarakat Tetap Tenang Sikapi Teror Bom

Oleh : hendro - Senin, 14/05/2018 17:55 WIB

Menkopolhukam Wiranto (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID -  menyikapi adanya aksi teror bom yang dilakukan teroris di Surabaya, Pemerintah melalui Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang.

Menurut Menkopolhukam, masyarakat harus tetap menjalankan kegiatan sehari-hari seperti biasa. "Masyarakat tetap tenang, tetap menjalankan kegiatan sehari hari," kata Wiranto di Jakarta, Senin (14/5/2018).

MenkoPolhukam menegaskan, bahwa  aparat keamanan akan meningkatkan penjagaan keamanan di lingkungan masyarakat. Hal telah menjadi intruksi langsung Presiden Joko Widodo kepada aparat kepolisian dan TNI.

"Diperintahkan oleh presiden agar aparat kepolisian dibantu TNI mengerahkan keamanan nasional. menjaga ketertiban masyarakat," ujar Wiranto.

Untuk diketahui, pagi tadi  Senin (14/5/2018) di Surabaya kantor Polrestabes Surabaya di teror bom. Akibat teror tersebut sedikitnya 10 orang dirujuk kerumah sakit yang terdiri dari 4 orang polisi dan 6 orang warga sipil.

Sedangkan sehari  sebelumnya, yaitu pada Minggu pagi (13/5/2018) aksi teror bom yang dilakukan teroris mengguncang 3 gereja yang ada di kota Surabaya. Ketiga Gereja itu terdiri dari Gereja Pantekosta Pusat Surabaya, Gereja Kristen Indonesia Diponegoro dan Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Ngagel. Pelaku bom tersebut terdiri dari  6 orang, yaitu  Dita Uprianto dan istrinya, Puji Kuswati. Lalu keempat anak terdiri dari Fadila Sari (12), Famela Rizkita (9), Yusuf Fadhil (18), dan Firman Halim (16). Akibat teror tersebut mengakibatkan 14 orang tewas dan puluhan lainnya harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Sedangkan pada malam hari, bom juga sempat meledak di rusun Wonocolo Sidoarjo. Yang mengakibatkan 3 orang tewas. (hdr)

Artikel Terkait