Nasional

Bantu Cari Korban Gempa Tsunami di Palu, Polri Terjunkan Anjing Pelacak

Oleh : hendro - Rabu, 03/10/2018 07:15 WIB

Tim K-9 Polri (istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID -Untuk membantu proses pencarian korban gempa tsunami di Palu dan Donggala, Mabes Polri menerjunkan 6 ekor anjing pelacak.

Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto mengatakan, anjing pelacak K9 itu akan difokuskan mencari korban di balik reruntuhan bangunan akibat gempa.

Lebih lanjut Setyo menjelaskan, hingga Selasa (2/10/2018) kemarin, sedikitnya sudah ada 6 ekor anjing yang diterjunkan ke Palu untuk membantu mengidentifikasi. Jika kondisi darurat dan membutuhkan banyak anjing lagi, maka bantuan anjing pelacak akan ditambah.

"K9 ini adalah khusus yang dikirim anjing dari polisi satuan sudah mengirim 4 anjing untuk melakukan bantuan identifikasi di reruntuhan, Polda Sulsel sudah kirim 2 ekor anjing," kata Setyo di  Jakarta, Selasa (2/10/2018)kemarin.

Setyo menjelaskan, beberapa anjing-anjing pelacak yang dimiliki oleh Polri pun kini masih berada di Lombok untuk membantu evakuasi di Lombok paska gempa beberapa waktu lalu.

Selain anjing pelacak, pihak kepolisian secara keseluruhan telah mengirimkan personel bantuan sebanyak 2.143 personel.

Ribuan personel itu berasal dari satuan Brimob, Sabhara, tim kesehatan dan tim DVI yang memiliki tugas khusus dalam melakukan identifikasi para korban jiwa.

Mereka bertugas untuk mengawal proses distribusi bahan pokok, membantu evakuasi, hingga proses pengamanan di beberapa wilayah rawan kejahatan.

Artikel Terkait