Nasional

Presiden Jokowi : Sebagai Tuan Rumah OCC 2018 Buktikan Bahwa Indonesia Adalah Negara Besar

Oleh : Ronald - Senin, 22/10/2018 19:50 WIB

Presiden Jokowi beserta jajarannya saat menggelar rapat terbatas Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (22/10/18), sebagai persiapan kegiatan Our Ocean Conference 2018 yang akan diadakan di Bali pada 19-30 Oktober 2018

Bogor, INDONEWS.ID - Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan Our Ocean Conference (OCC) 2018 ke 5 yang akan digelar di Bali pada tanggal 29 hingga 30 Oktober 2018.

Adapun tema yang akan diusung untuk OOC kali ini yaitu Our Ocean Our Legacy atau Samudra Kita, Warisan Kita.

Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan Bogor pada Senin (22/10/18), mengemukakan, penyelenggaraan Our Ocean Conference 2018 menjadi sangat penting bagi Indonesia, khususnya untuk menjaga kepercayaan dari dunia dan juga memberikan manfaat untuk kepentingan nasional. 

"Karena ini adalah kepercayaan dunia untuk Indonesia dalam menyelenggarakan acara berkelas dunia. kita ingin membangun sebuah kepercayaan, sebuah trust dari dunia yang harus terus kita jaga, yang ini juga sekaligus membuktikan bahwa Indonesia adalah negara besar. dan saya ingin agar OOC 2018 ini juga betul-betul dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan nasional kita," ujar Presiden dalam arahannya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjelaskan, bahwa isu yang akan diprioritaskan pada pertemuan ini yaitu wilayah konservasi kemaritiman atau marine conservation area, plastic debris, dan sustainable fisheris. 

"Kita memprioritaskan isu marine conservation area yang memang sdh komitmen banyak negara, plastic debris, marine polution, maritime security, climate change dan sustainable fisheries. Keuntungannya untuk kita ya banyak leadership di bidang maritim, kan kita mau jadi full crew maritim, poros maritim ya harus menunjukkan leadership kita di bidang maritim. Tentunya apa saja kebijakan internasional yang diambil akan berpengaruh pada kita karena kita salah satu pemilik laut terbesar kedua di dunia," ujarnya.   

Sementara itu, berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Menteri koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bahwa persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah sudah sangat siap. Pihaknya juga sudah melakukan kerjasama dan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Bali terkait penyelenggaraan Our Ocean Conference 2018. 

Dalam konferensi ini juga akan dihadirkan stakeholder utama kelautan dan perikanan termasuk sektor swasta, akademisi, mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, dan lainnya. (ronald)

Artikel Terkait