Bamsoet Minta Pemerintah Sediakan Tol Khusus Sepeda Motor

Oleh : Syailendra - Selasa, 29/01/2019 08:30 WIB

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Tengah) bersama Ketua MPR RI Zulkifli Hasan (kiri) mengendarai Harley-Davidson dari Senayan City menuju gedung MPR/DPR, Senayan Jakarta.

Jakarta, Indoews.id - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk membuat jalan bebas hambatan (tol) bagi pengendara sepeda motor. Bambang menilai, pengendara sepeda motor juga harus merasakan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

"Ya jalan tol untuk motor hanya selebar 2,5 meter saja, di ruas-ruas tol, terpisah dari kendaraan roda empat agar aman," terang Bamsoet di Gedung DPR/MPR RI Jakarta, akhir pekan lalu.

Indonesia menurut Bamsoet sudah memiliki dua ruas tol yang bisa dilalui oleh sepeda motor, diantaranya tol Suramadu dan jalan tol di Bali. "Di Bali tol untuk motor itu terpisah dengan mobil, jadi aman tidak tercampur antara mobil dan motor," papar Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI) ini.

Ide untuk jalan tol motor ini pada tahun lalu sebenarnya sudah diajukan oleh beberapa pengguna motor gede. Zulkifli Hasan, Ketua MPR RI yang saat itu dimintai keterangan akan mempelajari aturan itu. ”Mengenai ide motor masuk tol, harusnya bisa. Saya akan pelajari dulu tentang aturannya,” tutur Zulkifli.

Artikel Terkait