Kolaborasi Industri dan Universitas Pertamina Harus Terus Dijaga

Oleh : Syailendra - Sabtu, 23/03/2019 15:10 WIB

Gedung Universitas Pertamina

Jakarta, Indonews.id - Darmawan H Samsu Direktur Hulu Pertamina memberi mata kuliah untuk mahasiswa Universitas Pertamina Jakarta. Dia menyampaikan narasi tentang peran Badan Usaha Milik negara ini menjalankan tugas dan tanggung jawab sustainability energi di Indonesia.

Saya memberi pengetahuan kepada mahasiswa supaya mereka mendapat pemahaman dari awal tentang oportunity dari depan dan bisa memberikan kesempatan memahami isu nasional yang bisa dikembangkan untuk solusi yang lebih baik," papar Darmawan saat menjadi dosen tamu di Up Bringing, Universitas Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan

Darmawan pun berharap, mahasiswa bisa lebih paham dan fokus memanfaatkan waktu yang optimal sebagai mahasiswa di UP. "Saran saya untuk generasi muda tetap kritis dan mengunakan kesempatan bertanya sebanyak-banyaknya dan memberika poandangan dan ide serta masukan karena menurut saya tidak ada batas kalau bicara. "Saya juga mendapat ilmu serta masukan, saya minta mahasiswa memanfaatkan ilmu yang didapat," tambahnya lagi.

Darmawan juga mengakui, Indonesia memiliki sumber daya manusia yang cukup banyak dan kemampuannya tidak kalah dengan sdm luar, dan bisa kerja dengan tantangan dan oportunitas karena sudah setara dengan sdm internasional. "Sinergi antara industri dan Universitas Pertamina harus tetap terjaga," tambahnya lagi.

Demikian pula pihak Universitas Pertamina, di mana mahasiswanya giat mengikuti student forum dengan sejumlah organisasi profesi di bidang migas dan pertambangan seperti HAGI, IAGI, IATMI, hingga IAFMI. "Jadi harusnya tidak ada barrier, tidak ada halangan antara industri dengan universitas," tegas Dharmawan.

Forum-forum yang mempertemukan antara mahasiswa dengan industri yang akan digelutinya nanti, menurut Dharmawan perlu terus dijaga kesinambungannya. "Jangan terlalu jarang, tetapi juga jangan terlalu sering. Karena dengan memberikan ritme dan frekuensi yang pas memberikan waktu bagi para mahasiswa untuk mencerna apa yang di-share sebelum mendengar pemikiran-pemikiran baru yang di-share oleh para ahli yang lain," ujarnya.

Selain Dharmawan H. Samsu, dalam The UPbringing Session tersebut juga hadir pembicara lainnya yaitu Presiden American Association of Petroleum Geologists (AAPG) Denise Cox dan Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka.

Artikel Terkait