Nasional

Kolonel Luhkito Harap Penduduk Nias Selatan Terima Kontingen Pelantara 9

Oleh : very - Kamis, 12/09/2019 12:30 WIB

Komandan Kontingen Bela Negara, Kolonel Arh Luhkito Hadi Iswanto, ST.M.Si [Inakoran.com/Ina TV]

Nias, INDONEWS.ID -- Komandan Kontingen Bela Negara, Kolonel Luhkito Hadi Iswanto, ST. M.Si., diberi mandat untuk menyampaikan sambutan mewakili kontingen Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) 9, di Dermaga Baru, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, sesaat setelah peserta tiba, Selasa (10/9) pukul 07.30 WIB.

Bela Negara merupakan satu dari tiga satuan yang tergabung dalam Pelantara 9, selain Kapal Pemuda Nusantara (KPN) dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Saka Bahari binaan TNI Angkatan Laut.

Dua hari sebelumnya, wakil komandan kontingen Bela Negara, Letnan Kolonel Rudi Setiawan, S.IP., menjelaskan bahwa kontingen Bela Negara terdiri dari Mahasiswa Polimarin Semarang, Akademi Maritim Nasional Jakarta, SMA KAL Surabaya, SMK Yahari Sidoarjo dan PPMI.

“Kontingen Bela Negara terdiri dari Mahasiswa Polimarin Semarang, Akademi Maritim Nasional Jakarta, SMA KAL Surabaya, SMK Yahari Sidoarjo dan PPMI,” jelas Rudi, seperti dikutip Inakoran.com/Ina TV di atas KRI Tanjung Kambani, sesaat sebelum bertolak ke Nias, Senin (9/9) malam.

Loading...

(Kolonel Luhkito (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru di Dermaga Teluk Dalam Nias Selatan, Selasa (10/9) [Inakoran.com/Ina TV] 

Bela Negara, kata Rudi, bertujuan untuk menanamkan rasa nasionalisme dalam diri para peserta melalui berbagai kegiatan dan salah satunya adalah melalui kegiatan pelayaran seperti ini.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang bertujuan menumbuhkan nasionalisme dalam diri kaum muda, khususnya bagi mereka yang ikut dalam kegiatan pelayaran bersama seperti ini,” jelas Rudi.

Senada dengan Letkol Rudi, dalam sambutan di Dermaga Baru, Kol Luhkito mengatakan bahwa Bela Negara memang dirancang untuk menanamkan rasa cinta tanah air dalam diri kaum muda.

Bela Negara merupakan salah satu kontingan yang ikut dalam Pelantara 9 tahun ini. Dua kontingen lainnya adalah Kapal Pemuda Nusantara dari Kemenpora dan Saka Bahari dari TNI Angkatan Laut.

Pelantara 9 akan berada di Nias selama lima hari hingga puncak Sail Nias tanggal 14 September yang rencananya akan dihadiri Presdien Joko Widodo.

(Kolonel Luhkito (kanan) berjabat tangan dengan Wakil Bupati Nias Selatan Sozanolo Nduru di Dermaga Teluk Dalam Nias Selatan, Selasa (10/9) [Inakoran.com/Ina TV] 

Luhkito berharap, masyarakat Nias Selatan bisa menerima kehadiran kontingen Pelantara 9 selama berada di Nias dalam rangka menyukseskan Sail Nias 2019.

“Semoga orang di Nias Selatan ini bisa memberi penginapan kepada anak-anak kami selama berkegiatan di wilayah ini dalam rangka mensukseskan Sail Nias 2019,” harap Luhkito.

Sambutan diakhiri dengan acara foto bersama dan penyerahan cenderamata dari pemerintah daerah setempat kepada sejumlah pimpinan rombongan Pelantara tahun 2019. (Very)

 

Artikel Terkait