Kerap Menyerang Warga, Seekor Monyet di India Dipenjara Seumur Hidup

Oleh : Mancik - Kamis, 18/06/2020 16:30 WIB

Ilutrasi .(Foto:Antaranews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Seekor monyet di India bernama Kalia harus menerima hukuman kurungan seumur hidup di kandang kebun binatang. Hukuman tersebut diberikan kepada Kalia karena sering menyerang masyarakat.

Diketahui, Monyet yang diberi nama Kalia oleh pemiliknya mengalami perubahan perilaku secara mendadak. Ternyata, pemiliknya telah meninggal dan selama ia hidup, monyet tersebut sering diberikan minuman alkohol.

Sang pemilik selama masih hidup, memberikan alkohol kepada Kalia sesuai dengan dosis yang telah ditentukan. Namun, setelah ia meninggal, Kalia tidak lagi mendapatkan minuman alkohol sesuai jumlah dosis yang biasa diberikan oleh pemiliknya.

"Kami diberitahu tentang monyet itu beberapa waktu lalu dan tim khusus melakukan perjalanan 200 km dari Kanpur ke Mirzapur untuk menangkap monyet itu dan membawanya kembali ke kebun binatang," kata dokter hewan di Kebun Binatang Kanpur, Mohd. Nasir seperti dikutip dari Sindonews.com, Jakarta, Kamis,(18/06/2020)

Upaya menangkap dan mengamankan monyet peliharaan tersebut dilakukan secara cepat oleh dokter hewan setempat. Adapun proses penangkapan, seekor monyet tersebut telah menggigit warga secara membabi buta dan menyebakan seorang anak kecil meninggal dunia.

Nasir menjelaskan lebih lanjut upaya yang dilakukan terhadap Kalia setelah sampai di kebun binatang. Pihaknya memberikan makanan sesuai dengan kebiasaan yang dilakukan oleh pemilik selama masih hidup.

Namun, monyet tersebut menolak makanan yang diberikan oleh pihak kebun binatang. Melihat hal tersebut, Nasir menerangkan bahwa mengalami perubahan perilaku setelah ditinggalkan oleh pemiliknya.

"Dia mengalami perubahan suasana hati yang besar dan mengamuk. Kadang-kadang dia marah kepada kita karena tidak memberinya makanan non-vegetarian. Dia hanya menolak untuk makan selama tiga sampai empat hari sebelum rasa lapar memaksanya untuk makan buah-buahan," jelas Nasir.

Karena adanya perubahan perilaku dari Monyet tersebut, pihak kebun binatang menyiapkan tempat khusus bagi Kalia seumur hidupnya. Langkah ini semata demi mencegah Kalia mengganggu binatang lain dan menyerang masyarakat.

 

 

 

 

Artikel Terkait