Nasional

Jalur Hilir KA Jarak Jauh Dari & Menuju Jakarta Akan Kembali Beroperasi Sore Ini

Oleh : Ronald - Selasa, 23/02/2021 15:30 WIB

Rel terendam banjir. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dengan selesainya proses perbaikaN, Jalur hilir Kereta Api antara Stasiun Kedunggedeh - Stasiun Lemahabang, Kabupaten Bekasi, sudah dapat dilewati oleh semua kereta api jarak jauh dari dan menuju ke Jakarta.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan keberangkatan kereta api jarak jauh ditargetkan akan kembali beroperasi pada Selasa (23/2/2021) sore ini.

"Sesuai target mudah-mudahan sore ini sudah bisa dilakukan perjalanan oleh pengguna jasa, baik keberangkatan dari stasiun Gambir maupun stasiun Senen," kata Eva Chairunisa di Jakarta, Selasa (23/2/2021). 

Eva mengatakan sejak pagi pihaknya telah melakukan ujicoba rel yang telah diperbaiki. Uji coba yang diterapkan, dilakukan tanpa ada penumpang di dalamnya. 

"Jadi memang untuk saat proses perbaikkan terus dilakukan dan kita sudah melakukan uji coba perjalanan kereta api tetapi tanpa penumpang dan itu berjalan dengan lancar," jelas Eva. 

Ia juga mengungkapkan jika nantinya ada perubahan kembali dalam proses perbaikan rel, maka KAI akan segera memberikan informasi kepada para pengguna jasa kereta api yang akan berangkat pada sore ini.

"Kalau sampai saat ini untuk keberangkatan sore dapat berjalan atau dapat dilayani, tetapi jika ada perubahan kami akan informasikan kembali," ungkapnya. 

Sementara, katanya, bagi pengguna yang terdampak pada KA yang dibatalkan, pihaknya sudah menghubungi para penumpangnya untuk pengembalian (refund) biaya tiket seratus persen.

"Pengguna bisa datang ke stasiun KA jarak jauh yang dibatalkan untuk di daerah Jakarta sendiri ada di satsiun Kota, Gambir, Senen, Cikampek, Karawang dan Bogor," jelasnya. 

"Proses pengembalian tiket tidak harus dilakukan hari ini, karena kita memberikan tenggang waktu sampai dengan 30 hari kedepan," tukasnya. 

KAI akan terus melakukan peningkatan kemampuan pada jalur double track tersebut sehingga lintas tersebut dapat dilewati kembali dengan kecepatan normal.

Sebelumnya dampak banjir yang menggenangi jalur rel kereta api (KA) antara Stasiun Kedunggedeh - Lemah Abang Km 55 +100 s.d Km 53+600 mengakibatkan kerusakan di bagian bawah pondasi jalur rel KA karena lapisan batu balas tergerus arus air yang mengakibatkan sejumlah titik terdapat bagian rel yang menggantung.

Hal tersebut membuat seluruh perjalanan kereta dari dan ke Jakarta serta kawasan di daerah penyangga tidak bisa dioperasikan. (rnl)


Loading...

Artikel Terkait