Daerah

Gunung Salak Bogor Diguncang Gempa

Oleh : hendro - Rabu, 02/05/2018 22:01 WIB

Ilustrasi gempa bumi (istimewa)

Bogor, INDONEWS.ID - Telah terjadi gempa bumi yamg mengguncang sekitar Gunung Salak, Bogor pada pukul 18:11:16 WIB sore tadi. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=3,3 SR terjadi di koordinat episenter pada 6,80 LS dan 106,68 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 27 km arah barat daya Kota Bogor, Jawa Barat pada kedalaman 14 km.

Menurut Kepala Balai Besar MKG Wil II Tangsel, Joko Siswanto, S.Sos, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan lemah disekitar Gunung Salak, Bogor.

" Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan di daerah Gunung Salak, Bogor dalam skala intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa bumi," kata Joko dalam keterangan resminya yang diterima INDONEWS.

Lebih lanjut Joko menambahkan,, ditinjau dalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi dengan kedalaman dangkal akibat sesar lokal.

Hingga saat ini, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).  Kepada masyarakat di sekitar wilayah Gunung Salak, Bogor dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.(hdr)

Artikel Terkait